Demam Busana Diatas Panggung

GAYA berbusana mendiang Raja Pop dunia Michael Jackson hingga kini masih tetap melekat di mata penggemarnya di seluruh dunia. Tidak heran jika majalah Time memasukkan Jackson–begitu julukan Michael Jackson–dalam daftar para peletak tren (trendsetter) busana sepanjang masa.
Maklum, selain dikenal karena keindahan suara dan aksi panggungnya yang memukau dengan berbagai tarian energik, pria kelahiran Amerika, 29 Agustus 1958, ini juga dikenal karena keunikan gaya berpakaian yang kerap mempunyai ciri tersendiri. Sebagai seorang “raja”, wajar jika Jackson punya gaya khas yang membuatnya tampil beda. Jaket ala militer berhias emas, kristal, dan resleting hanyalah satu dari banyak tren yang diperkenalkan Jackson pada dunia.

Seperti diungkapkan Femalefirst, sejak awal kemunculannnya, Jackson telah menjadi sosok paling berpengaruh di dunia busana. Pada 1974, saat masih berusia 11 tahun dan bergabung dalam Jackson Five, Jackson berpenampilan sangat bergaya. Menggunakan jas dengan kemeja dan dasi. Saat beranjak dewasa, penampilannya mulai berubah lebih kasual. Jackson lebih sering mengenakan celana dengan model potongan lebar di bagian bawah (boot cut/cutbray) dan memadukannya dengan kemeja lengan panjang agak ketat yang bagian atas kancing sengaja dibuka.

Pada era 1980-an, sejak bersolo karier, Jackson semakin memantapkan gaya penampilannya. Jackson membuat gaya rambut keriting kelimis dengan poni yang menguntai. Gaya ini pun sangat fenomenal, pasalnya ketika itu banyak orang yang berambut lurus sengaja membuat keriting rambutnya untuk berpenampilan layaknya Jackson. Kemudian seiring dengan meledaknya album “Thriller” yang diluncurkan pada 1983, gaya Jackson di video klipnya pun menjadi tren tersendiri. Jackson menggunakan jaket kulit merah, memakai sarung tangan putih yang dipadupadankan dengan kaus dan celana lurus semata kaki.

Gaya ini sempat menjadi “demam”di kalangan anak muda dunia. Pada awal era 1990-an, ketika meluncurkan “Black or White”, tanpa meninggalkan gaya militer, dan topi fendora andalannya, Jackson lebih sering menggunakan warna hitam putih dalam setiap penampilan. Seperti dilansir weebly.com, hal tersebut dilakukan Jackson demi untuk mendukung promosi lagunya. Selain itu, satu lagi gaya busana yang cukup dikenal dari mantan suami Lisa Marie Presley ini ialah paduan unik antara kaus kaki putih dan sepatu pantofel hitam di bawah celana panjang sebatas tumit.

Tidak hanya di panggung konser, gaya busana Jackson begitu inspiratif dalam video klipnya. Salah satu yang menjadi idaman para stylist adalah video klip Smooth Criminal, di mana Jackson memadukan kesan gangster Amerika era 1940-an dan pop style era 1980-an.

Seperti dikutip shineyahoo.com, saat sedang tidak di atas panggung, Jackson tampil lebih kasual dan sering terlihat mengenakan pakaian bernuansa hitam dan putih. Wajar jika banyak penggemar dan musisi lain terinspirasi gayanya, khususnya penyanyi muda dunia seperti Justin Timberlake, Britney Spears, dan Beyonce.

Dalam laporannya yang berjudul “All Time 100 Fashion Icons” majalah Time menyebutkan, jaket kulit Thriller dan sarung tangan yang berkilau adalah salah satu gaya busana Jackson yang paling banyak diikuti hingga saat ini. Gaya busana Jackson yang sangat khas dan beda membuatnya selalu terlihat spektakuler di panggung. Karena itu, selain dikenal sebagai King of Pop, Jackson juga disebut sebagai King of Fashion. Selain Jackson,penyanyi ternama lain yang masuk sebagai ikon busana sepanjang masa ialah Madonna.

Menurut Time, sejak awal kemunculannya pada 1980, gaya busana penyanyi yang memiliki nama lengkap Madonna Louise Veronica Ciccone ini memukau dan mendapat perhatian para desainer kondang dunia. Mengenakan pakaian dalam hitam yang robek dan rok hitam legging yang dipotong ditambah banyak aksesori pada pakaian debutnya, Madonna seperti menjinakkan inkarnasi masa depannya, tapi penonton terpesona oleh semangat mencoloknya itu. Dia menjadi idola gaya berbusana khususnya bagi generasi muda.

“Sebagai ratu pop, Madonna sangat paham memosisikan dirinya dalam berpakaian. Walaupun kerap tampil terbuka, gaya busananya tetap berhasil memukau banyak orang,” tulis Time.

Madonna tidak pernah berhenti memukau publik, dan tidak pernah kehilangan kendali atas pandangan kariernya. Gaun pengantin untuk bra kerucut dan pakaian pria seksi ditiru penggemarnya di seluruh dunia.

Kini, meski sudah menginjak usia ke-53, penampilan Madonna masih memukau banyak orang. Tidak heran, dengan penampilannya yang trendi, dia dianggap sebagai trendsetter dan ikon dunia busana.

Sumber: OkeZone Lifestyle

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: