Menu Terakhir Titanic Disajikan di Belfast Hingga San Diego

Jakarta – Peringatan tragedi kapal Titanic ke-100 pada hari Sabtu nanti dikenang banyak orang dalam beberapa cara. Seperti pemutaran film Titanic 3D dan lelang menu terakhir Titanic. Beberapa restoran pun berencana menyuguhkan hidangan terakhir Titanic.

Tenggelamnya kapal Titanic menjadi lagenda yang terus dikenang hingga kini. Banyak hal sudah dirancang untuk menghormati peristiwa kapal Titanic yang ke seratus tahun pada 14 April 2012 mendatang. Mulai dari pemutaran film Titanic yang dibuat ulang dalam format 3D hingga lelang menu terakhir kapal Titanic yang terjual sebesar £76,000 (Rp 1,1 miliar) pada awal April ini.Image

Selain itu beberapa restoran di Belfast dan San Diego juga sudah mengumumkan akan menyajikan menu terakhir kapal Titanic di restoran mereka. Sebut saja Rayanne House yang merupakan salah satu guest house bersejarah di Belfast, Inggris. Saat kapal Titanic berlayar tahun 1912, Rayanne House telah membuat 9 macam menu otentik dan mewah yang menjadi menu terakhir penumpang kapal naas tersebut.

Selama tiga tahun, koki Conor McClelland telah menciptakan kembali menu tersebut setiap bulannya pada kesempatan khusus. Menu tersebut nantinya akan disajikan pada 13-15 April mendatang untuk memperingati ulang tahun ke-100 pelayaran perdananya.

Turis dari seluruh dunia akan menyaksikan atraksi yang diberi nama Titanic Belfast Experience di Belfast Lough dan dapat menyaksikannya dari Rayanne House. Di Rayanne House pula akan disediakan 36 tempat duduk bagi para tamu yang ingin menikmati makan malam dengan menu terakhir kapal Titanic.

Chef McClelland mempersiapkan menu tersebut secara otentik dengan menggunakan bahan-bahan baku yang sama serta ditata mirip dengan makan malam di kapal Titanic. Termasuk rose water sorbet dan green Chartreuse liqueur untuk pencuci mulut yang populer di masa itu.

“Di menu asli ada 13 jenis sajian yang dihidangkan namun kami telah mengkombinasikan beberapa menu tersebut dengan selera masa kini,” jelas sang chef.

Di San Diego, ada restoran Prado yang tidak jauh dari Baja California di Meksiko tempat James Cameron membuat film Titanic blockbuster untuk bioskop 3D. Chef Jonathan Hale dari Restoran Prado juga akan menyajikan 10 jenis hidangan kapal Titanic lewat makan malam yang diberi nama ‘Dinner Centennial Titanic From April 14, 1912’.

Setelah makan malam, para tamu akan dipandu ke Titanic di Pameran Artefak yang digelar di Natural History Museum. Versi makan malam menu Titanic di Restoran Prado termasuk Consomme Olga yang ditercatat dalam buku menu kapal Titanic, ‘Menus and Recipes from the Great Liner’ yang diterbitkan tahun 1997 dan hingga kini masih dijual.

Buku masak itu menggambarkan makanan dengan informasi sejarah rinci dan teknik memasaknya yang benar. Sehingga mereka yang ambisius ingin memasak hidangan tersebut bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sumber: http://food.detik.com/read/2012/04/12/100034/1890609/294/menu-terakhir-titanic-disajikan-di-belfast-hingga-san-diego?dthlutama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: