Terima Kasih, Bu Menkes ………

Tidak terpikir aku akan membuat tulisan ini sebelumnya, sebelum aku mendapat berita wafatnya mantan Menkes Ibu Endang di internet. Nampaknya tahun ini menjadi tahun yang penuh kelabu, di mana banyak public figure yang berpulang ke pangkuan Bapa di surga. Sudah gitu, banyak yang meninggal secara mendadak. Sebut saja Whitney Houston, kemudian Mr. Wamen, terus fashion designer yang aku lupa namanya. Yang terakhir, meskipun tidak begitu mendadak, yaitu mantan Menkes Ibu Endang Sri Rahayu.

Jujur, pertama kali aku tidak begitu suka dengan Bu Endang. Ya mungkin karena 2 kabinet sebelumnya jabatan menkes dipegang oleh Ibu Siti Fadillah Supari. Aku pernah mendengar bahwa pergantian Bu Fadillah disebabkan karena sikap kontra Bu Fadillah terhadap produ-produk dan obat-obatan dari Amerika Serikat, dan tentu saja, visi Bu Fadillah ini tidak sesuai dengan visi pemerintahan SBY yang pro Barat, sehingga terjadilah pergantian jabatan menkes. Aku pun menjadi ragu, apakah kebijakan Bu Endang dapat memajukan taraf kesehatan bangsa ini? Apakah Bu Endang dapat menyamai prestasi-prestasi menkes sebelumnya?

Waktu mulai berlalu, dan secara perlahan keraguanku akan Bu Endang mulai sirna. Hanya dalam waktu 3 tahun, beliau berhasil berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu memajukan kesehatan Indonesia melalui terobosan-terobosannya yang menakjubkan. Aku kagum akan kebijakannya untuk membantu orang miskin dalam pengobatan-pengobatan yang murah, bahkan gratis.

Aku baru mendengar bahwa beliau menderita kanker beberapa hari yang lalu saat Bu Endang memutuskan untuk mengundurkan diri. Ketika pada akhirnya beliau meninggal hari ini, aku merasa, woow, semua berlalu begitu cepat. Pasti masih banyak program-program yang ingin Bu Endang jalankan untuk membantu Indonesia bebas dari berbagai macam penyakit mematikan, terutama seperti Flu Babi (H1N1) yang merajalela di negeri ini beberapa tahun yang lalu.

Pada akhirnya, aku ucapkan selamat jalan untuk Bu Endang. Semoga amal dan ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Terima kasih, Ibu sudah berkenan turut ambil bagian dalam memajukan dan menaikkan taraf kesehatan di Bumi Pertiwi ini. Kami bangga pada Ibu =D

 

Teriring doa dan salam,

R.M.T.B.D.J

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: