Sang Penghibur Telah Tiba – Renungan Hari Raya Pentakosta 2012

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.– Yoh 16:13 –

Hari ini, 2000 tahun yang lalu, Tuhan menepati janjiNya untuk memberikan Sang Penghibur kepada para muridNya dengan menurunkan Roh Kudus, Sang Roh Kebenaran, kepada diri masing-masing para murid. Buhan hal yang mudah bagi para murid untuk menanti datangnya Sang Penghibur dalam kedamaian dan kenyamanan batin.

Sembilan hari mereka berada dalam ketakutan yang besar. Peluang dan ancaman para ahli Taurat dan orang Farisi untuk menangkap mereka sangatlah besar. Tak heran pintu masuk di ruangan yang  mereka tempati dikunci dan ditutup rapat-rapat. Pikiran mereka hanya terarah pada Sang Penghibur yang dijanjikan Tuhan. Mereka berdoa dan menanti doa penuh harap, meskipun mereka berada dalam bayang-bayang penangkapan dan penggerebekkan para ahli Taurat dan orang-orang Farisi.

Virgin Mary with Jesus' apostles received Holy Spirit

Virgin Mary with Jesus’ apostles received Holy Spirit

Pada akhirnya, Yesus pun datang dan menyapa mereka dalam rupa lidah-lidah api yang hinggap di kepala masing-masing dari para murid. Tak akan ada yang menyangka, peristiwa ini secara dramatis mengubah paradigma para murid. Api yang menyala di atas kepala mereka serasa menyalakan suatu semangat yang besar untuk mewartakan kabar Kristus ke penjuru dunia. Kini para murid telah diliputi perasaan bahagia, sukacita, dan semangat pewartaan yang berkobar-kobar, jauh berbeda dengan kondisi para murid sebelum Roh Kudus datang. Mereka tidak merasa takut lagi dengan ancaman orang-orang Yahudi, bahkan dengan berani siap menghadapinya bersama-sama sebagai murid Kristus. Perbedaan bahasa, golongan, dan status sosial terasa tidak ada artinya, karena Roh Kudus sendiri telah membuatnya sama dan sejajar dalam cinta kasih Kristus.

“Roh Kudus datang bukan untuk memecah persatuan, bukan untuk membuat bingung, bukan untuk mempertajam perbedaan tetapi Ia datang untuk merekatkan kesatuan, memperbaiki yang sudah rusak agar kembali baik, merehabilitasi chaos (kekacauan) menjadi kosmos (keteraturan) harmoni. Ia datang memberi harapan hidup bagi yang putus asa dan menggerakkan yang malas agar kembali menemukan semangat hidup. Roh Kudus bukan ciptaan manusia sehingga bisa disetir sesuka hati. Maka tidak ada satu kelompok pun yang bisa secara eksklusif mengklaim-Nya sebagai miliknya sendiri, sementara orang lain tidak. Ia adalah Allah sendiri yang bergerak dan bertiup ke mana Ia kehendaki.”– Facebook Gereja Katolik –

Hari Raya Pentakosta adalah sebuah tonggak sejarah bagi karya pewartaan keselamatan dari Allah sendiri melalui GerejaNya yang didirikan oleh Yesus sendiri. Tak heran, hari ini dinyatakan menjadi hari ulang tahun Gereja Universal. Dua ribu tahun berlalu, dengan segala jenis badai dan angin semilir yang berlalu, berkat darah para martir yang semakin menyuburkan iman dan karya kerasulan, Gereja tetaplah kokoh berdiri. Tidak mungkin Gereja akan terus berdiri tanpa bimbingan dan dorongan Roh Kudus yang selalu menghembusi Gereja dan umat-umatNya sekalian.

Maka di hari ini, setelah 9 hari kita bersama berdoa dan menantikan datangnya Roh Kudus, bersyukurlah dan bergembiralah sebab Sang Penghibur telah tiba! Mari kita sambut Roh Kudus yang datang hari ini dengan iman yang bersih dan matang agar Roh Kudus mampu berkarya dalam hati kita, sehingga kita dapat menjadikan hidup kita ini sebagai berkat, baik untuk kita sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar kita.

UTUSLAH ROH-MU YA TUHAN

Reff:

Utuslah RohMu ya Tuhan
Dan jadi baru seluruh muka bumi

Bait:

1. Allahku, NamaMu hendak kupuji. Engkau amat agung. Berdandan sinar kebenaran.
2. Ya Tuhan berselubungkan cahaya. Bagai jubah raja, Langit Kau pasang. Bagai kemah.
3. Firmanmu disampaikan oleh angin. Api yang berkobar, tunduk padaMu. Bagai hamba.

Semoga karunia dan buah-buah roh mampu menguatkan dan menyuburkan hati kita untuk berani mewartakan Injil Kristus melalui perbuatan kita sehari-hari kepada sesama.

Demi kemuliaan Tuhan, dalam perantaraan PutraNya Yesus Kristus, kini dan sepanjang masa. Amin.

Di bawah ini adalah cuplikan Misa Penerimaan Sakramen Krisma di Basilika St. Petrus, Vatikan. Dalam Sakramen Krisma, peran Roh Kudus menjadi semakin dihidupkan dan diaktifkan, setelah sebelumnya Roh Kudus diterimakan dalam diri seseorang melalui Sakramen Baptis. Harapannya semoga Roh Kudus mampu membangkitkan semangat seseorang yang telah menerimanya untuk ambil bagian dalam Tritugas Kristus, yakni sebagai imam, raja, dan nabi, guna pewartaan dan perutusan Injil Tuhan.

(ditulis oleh R.M.T.B.D.J)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: