Menjadi Penulis Blog Yang Konsisten dan Disiplin

Well, aku minta maaf kepada semuanya saja yang nampaknya sudah menunggu hasil karyaku tentang “Trilogi 3 Waktu”.

Memang untuk menjadi penulis, terutama penulis cerpen, cerbung, novel, dll tidaklah mudah. Biasanya penulis itu seorang mahasiswa/i atau om-om dan tante-tante yang punya waktu luang yang cukup banyak untuk mencari ide dan pada akhirnya menuliskan idenya tersebut dalam goretan kertas atau ketikan di laptop kesayangannya.

Tapi aku?

Siswa SMA kelas 2 yang sedang digenjoti berbagai macam tugas dan ulangan. Saking banyaknya hal yang harus dikerjakan di sekolah, rasa malas untuk menulis mulai muncul dan menyerang sampai syaraf-syarafku (itu bahasa alaynya), termasuk menulis di blog ini. Blog mulai ditelantarin, dan begitu dibuka kembali? Fiuuh debu bertebaran di mana-mana. Syukur visitors masih lumayan banyak, jadi masih bolehlah bernafas lega. Ya, bikin blog itu emang selain buat menyalurkan hasrat dan emosi dalam bentuk tulisan, salah dua tujuannya adalah dapat popularitas, plus dapat duit hasil iklan di blog. Itu enaknya. Tidak enaknya adalah, kita harus terus mengupdate blog kita supaya tetep eksis dan menaikkan rating. Itu yang menjadi beban buat aku, terlebih kalau tugas dan ulangan di sekolah menumpuk. Syukur Puji Tuhan, UAS sudah selesai hari ini. Karya tulis pun selesai tepat waktu (kalau belum tahu soal karya tulisku, bisa dilihat di sini) dan tinggal menunggu waktu yang pas untuk ujian materi. So, blog siap dirumat lagi!!! xD

Sebenarnya awal aku berkenalan dengan dunia tulis-menulis adalah sewaktu aku duduk di bangku kelas 3 SD. Sudah agak lupa sih awalnya gimana, tapi aku masih ingat waktu itu aku sangat suka menulis cerita-cerita seputar misteri hantu dan perburuan harta karun. Ada juga kisah tentang raja dengan piala yang hilang, tapi tulisannya sudah lama hilang. Mungkin sudah dibuang atau masih tertumpuk di buku-buku SD.

Pengalamanku paling eksis adalah di waktu kelas 4 dan 5 SD. Waktu itu aku ikut ekstrakulikuler Jurnalistik agar kemampuan tulis-menulisku berkembang. Nah yang paling membanggakan adalah aku dapat memuat karya ku yang pertama dalam tabloid sekolah. Judulnya adalah “Kalung Permata Pembawa Kesialam” (dalam waktu dekat akan aku post kan ceritaku itu di sini). Selain itu, sebagai rasa banggaku akan karyaku itu, aku membuat 1 file dengan berbagai macam folder yang isinya, FULL of cerita-cerita garapanku sendiri, mulai dari cerpen, cerbung, sampai cerpen.

Entah kenapa antusiasme untuk menulis berkurang secara perlahan waktu masuk SMP. Mungkin karena tugas-tugas mulai menumpuk ditambah banyak masalah menghadang, hasrat untuk menulis jadi berkurang, bahkan hilang samasekali. Guru-guru SD ku yang mengetahui hal itu sangat kecewa dan menyayangkan sikapku waktu itu. Tapi mau bagaimana lagi, memang kalau sudah tidak hasrat untuk menulis ia susah dilanjutin ……..

Namun Tuhan berkehendak lain. Nampaknya Bapa di Surga masih berkeinginan aku menulis. Aku masih ingat salah satu pelajaran di SMP menyuruh murid-muridnya menulis artikel dan cerpen. Aku pun mulai mencoba menulis lagi, meskipun sedikit asal-asalan. Tidak masuk, memang, tapi setidaknya, kemampuanku mulai terasah lagi sejak itu. Hal itu semakin terasa saat masuk SMA, di mana guru Bahasa Indonesiaku waktu itu mengharuskan setiap anak membuat cerpen untuk keperluan tugas. Dua kali guruku menyuruh murid-muridnya membuat tugas cerpen. Syukur, 2 kali aku membuat, 2 2 nya diapresiasikan baik, bahkan salah satunya dilombakan di kancah kota, meskipun harus gugur di tengah jalan. Tidak apa-apa, bagiku hal ini sudah membuktikan bahwa Tuhan masih ingin aku menulis =-D

Salah satu tulisan ku yang paling terkenal, terutama di kalangan fans MJ adalah “Filsafat Cinta ala Michael Jackson“. Bagiku sendiri, baru ini masterpiece yang bisa aku buat dari 10 tahun lebih pengalaman ku menulis. Mungkin karena respon yang luar biasa di kalangan teman-teman MJL.

Nah, selagi semangat, aku umumin bahwa “Trilogi 3 Waktu” akan terbit secara bertahap, yaitu tanggal 10, 12, dan 15. Tolong doain ia, semoga tidak mundur lagi hehehe ……..

R.M.T.B.D.J

3 Komentar (+add yours?)

  1. мυнαмαđ яoмđoиι
    Jun 07, 2012 @ 13:04:54

    muantap… 😉

    Balas

  2. erdidik
    Jun 08, 2012 @ 17:43:51

    Pengkosistenan menulis adalah mereka yang terasuk nyawa-nyawa pujangga. hehe.
    😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

