Keberagaman Itu Indah

Para jemaat sehabis melaksanakan sholat Ied di depan Gereja Kayutangan. Sumber: Nn

Foto ini sudah ada sejak H+1 Lebaran. Berlokasi di depan Gereja Katolik Hati Kudus Kayutangan, Malang, foto yang katanya hasil jepretan Rm. Michael Agung, O.Carm. ini sudah banyak menuai tanggapan dan respon positif dari masyarakat yang melihat foto ini di FB atau Twitter.

Sadarkah bahwa sikap masyarakat ini adalah wujud dari suatu kerinduan mendalam akan indahnya keberagaman di tengah perbedaan? Coba lihat di tempat lain, masih banyak orang-orang yang mengatasnamakan agama melakukan penganiayaan dan pembunuhan pada mereka yang seharusnya tak bersalah. Gedung dan tempat ibadah disegel dengan alasan yang tidak masuk akal. Apakah ini cerminan kehidupan beragama yang diajarkan Tuhan?

Sekarang aku bertanya, apa yang salah dari sebuah toleransi? Menghargai kehidupan beragama tiap orang, menghargai setiap kepercayaan orang, kenapa harus dipermasalahkan?

Kita semua manusia, sama-sama ciptaan Tuhan, dan Tuhan sudah mewahyukan kepada kita banyak jalan untuk mencapai kepadaNya. Pakailah yang sudah kita miliki dan pergunakan sebaik-baiknya, bukan mengkritisi orang lain dengan doktrin-doktrin tak berguna!

Di sini aku tidak bermaksud mengatakan bahwa semua agama itu sama, tapi yang ingin aku katakan, pergunakanlah apa yang sudah kamu dapat dari agamamu untuk kehidupanmu sendiri dan sesuai dengan apa yang kamu dapat itu, jadilah berkat bagi orang-orang di sekitarmu, sebab bunga itu lebih indah dari jarum, damai itu jauh lebih bermakna ketimbang permusuhan.

Tuhan memberkati Anda sekalian.

R.M.T.B.D.J

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: