GANBATTE!! :D

Hanya dalam 1 hari, semua jadwal dan rencana-rencana harianku berubah 180 derajat.

Kemarin, 7 Januari 2013, hari pertama semester II. Begitu masuk sekolah, aku langsung dibikin panik dengan pemberitahuan dari guru-guru seputar jadwal pelaksanaan ujian-ujian kelas XII. Belum selesai paniknya, udah ditambah panik lagi gara-gara dibagiin revisi kalender pendidikan. Di sana, jelas-jelas tertulis tentang jadwal try out dan ujian praktik yang akan berlangsung kurang dari sebulan lagi.

WHAT!!?? SEBULAN LAGI???
Membayangkan bahwa waktu yang tersisa tidak banyak, sementara persiapanku masih sangat jauh dari angka 100 persen, membuatku harus membuat skala prioritas. Benar-benar dengan sangat terpaksa, aku harus mendelay dan mengcancel hampir semua tawaran untuk pelayanan di komunitas dan di Gereja ku, meskipun tidak semua pelayananku aku delay atau cancel. Aku juga mengcancel semua aktivitas rekreasi dan keluar kota sampai bulan Mei awal nanti. Aku sadar bahwa waktu yang ada sangat minim. Prioritasku adalah ujian praktik, karena nilainya juga amat berpengaruh untuk kelulusan, selain nilai di Ujian Teori. Kalau Try Out sih, hahaha, itu prioritas ke sekian. Yang penting aku bisa tahu jenis-jenis soal yang bakal keluar kayak apa, strategi-strategi apa yang aku harus tempuh, dan sebagainya. Demi kelulusanku dan demi diterimanya aku di universitas negeri, aku harus berjuang semaksimal mungkin! Ganbatte!! πŸ˜€

Teman-teman, aku juga berdoa untuk kalian yang bernasib sama denganku. Semoga hasil yang kita peroleh benar-benar sebanding dengan usaha dan jerih payah kita selama ini. AMIIN!! Ganbatte!! God bless you πŸ˜€ :mrgreen:

Doakan aku juga yah! πŸ˜‰

ganbatte_kudasai_by_hanekyu

R.M.T.B.D.J

HAPPY NEW YEAR!!

Saya, R.M.T. Benediktus Diptyarsa Janardana, beserta seluruh keluarga besar mengucapkan;

:mrgreen: :mrgreen: SELAMAT TAHUN BARU 2013 :mrgreen: :mrgreen:

Semoga di tahun yang baru ini, segala macam pekerjaan, rencana, usaha & kerja keras kita, serta semua orang yang sangat kita cintai, keluarga kita, sahabat dan teman-teman kita, selalu berada di dalam naungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Amin! πŸ˜€

Happy-New-Year-2013-picturer-900x6751

Ayo semangat di tahun yang baru! Jangan lupa bikin resolusi & komitmen positif buat menjadikan diri sendiri berkat bagi orang-orang di sekitar kita. Jangan ada permusuhan, tapi persaudaraan yang erat dan perdamaian abadi bagi diri kita sendiri, orang lain, dan Dunia ini. Berkat Dalem πŸ˜‰ πŸ™‚

Goodbye 2012, Hello 2013!

Yah, hanya dalam hitungan jam lagi, tahun 2012 berakhir ……… 😦

Ada banyak kenangan yang tidak bisa aku lupakan di tahun ini, dan semua kenangan itu sangat berperan besar dalam pembangunan karakterku menjadi lebih baik lagi. Begitu juga dengan kalian kan? Semua cobaan dan masalah yang terjadi di tahun ini, seharusnya bakal menjadi berkah kalau iman dan pikiran kita sudah dewasa akan Dia. Apapun yang Dia berikan pada kita, sebaik maupun seburuk apapun, adalah berkah bagi jiwa dan pengalaman kita, sebab tak mungkin lah manusia hidup tanpa masalah πŸ™‚

Tahun ini juga, salah satu inspirator ku, Whitney Houston, berpulang secara tiba-tiba di bulan Februari 2012. Aku baru pulang dari Tumpang saat mengetahui berita ini, dan yah, sama seperti waktu Michael meninggal, rasa shock ini langsung merambat sampai relung-relung tulang yang paling dalam. RIP Whitney 😦

(Silahkan lihat artikelku tentang Whitney di sini)

Tahun ini, selain meninggalnya beberapa artis papan atas, skandal-skandal menyeruak di mana-mana, dan salah satunya yang paling parah menimpa Indonesia adalah skandal korupsi. Bukti bahwa pengaruh Orde Lama dan Orde Baru masih belum hilang dari Bumi Pertiwi ini. Salut buat KPK yang tanpa kenal lelah terus mengguncang pemerintahan bobrok ini dengan aksi-aksinya yang menggelegar cetar membahana πŸ˜€

Selain itu, aksi-aksi kekerasan mulai semakin gak karuan. Mulai dari konflik Israel-Palestina yang gak selesai-selesai(nampaknya baru selesai pas akhir zaman), juga penembakan-penembakan brutal di Amerika Serikat, salah satunya di Connecticut, yang beberapa saat lalu sudah aku tulis artikelnya di sini.

Oke, mungkin aku gak bisa banyak comment saat ini. Apa yang akan aku lakukan di malam Tahun Baru ini adalah menyusun resolusi ku di tahun depan sambil menemani anak-anak yang unyu beudh di Pertapaan Karmel, Ngadireso, Tumpang. Yah kalau kalian mau ketemu dengan aku, bisa langsung ke Tumpang malam ini juga. Aku dengan senang hati pasti akan memberikan tanda tanganku pada kalian hehehehe πŸ˜† (kalau kalian minta siiih) πŸ˜›

Semoga di tahun 2013 ini, target-target hidupku bisa tercapai, mulai dari kelulusan sekolah dengan nilai yang memuaskan, masuk Jurusan HI di Unair Surabaya, hingga novelku yang vakum selama hampir 6 tahun. Juga semoga di tahun yang baru nanti, keluargaku, guru-guruku, sahabat dan teman-temanku, teman-teman MJL, para fans ku(wkwkwk), dan para pembaca setia blog ku, selalu dikaruniai berkat dan damai yang melimpah dari Tuhan sendiri. Amiiin πŸ˜€

Semoga di tahun yang baru ini, tidak ada lagi korupsi, suap-menyuap, kaum-kaum fanatik yang suka main gerebek-gerebekan dan main pukul-pukulan, kekerasan pada siapapun termasuk anak-anak dan perempuan, dan anak-anak alay …….

Last sunset of 2012 ;)

Last sunset of 2012 πŸ˜‰

R.M.T.B.D.J

Mimpi, atau Mimpi?

Jujur, belakangan ini, aku sering bermimpi soal nenekku. Bukannya gak ada alasan. Kondisi nenekku yang mulai menurun akibat kanker nasofaring yang ia derita membuatku cemas dan khawatir soal kondisi beliau. Bahkan beberapa minggu yang lalu, nenekku sempat kritis, gak bisa bernafas. Untung saja setelah didoakan oleh ayahku dan diterimakan Sakramen Perminyakan oleh seorang romo yang kebetulan “nganggur”, kondisi nenekku membaik.Β  Beruntung banget loh! Jelas, nenekku kritis di hari Minggu, sementara hari Minggu itu hari sibuknya para romo dengan pelayanan misanya, baik di parokinya sendiri maupun di daerah-daerah lain.

Nah, satu hal yang selalu aku mimpiin soal nenekku adalah kondisinya yang sangat berkebalikan dengan kenyataan. Sehat 100%! Aku masih ingat mimpi pertamaku, yaitu mengetahui bahwa nenekku sembuh secara mukjizat. Nenekku nampak tersenyum bahagia, begitu juga kami sebagai keluarga, juga senang dengan kesembuhan nenek. Sayangnya, ketika aku bertanya pada nenekku, “Eyang, eyang dapat mukjizat dari mana? Yang mendoakan siapa?”, aku langsung terbangun. Hufft 😦

Nah di bawah ini adalah salah satu mimpiku, yang pada waktu itu segera aku tulis dan post kan di FB setelah aku tersadar dari mimpiku. Maklum, mimpi itu gampang banget hilangnya, terutama kalau sehabis bangun tidur dan memikirkan hal lain. Ini adalah tulisan yang hari ini aku edit, biar tata bahasanya bagus.

—————————————————————————————————————————–

Nenekku pindah rumah ke sebuah kawasan di depan jembatan kereta api nya Kota Baru, Malang. Di sana itu kompleksnya rumah kuno/rumah zaman Belanda, di mana rata-rata bentuk dan desain rumahnya sama.
Di depan rumah nenekku terdapat lahan kosong dengan 1 pohon atau palang di tengahnya, tidak berpaving maupun berumput. Hanya hamparan tanah yang cukup “jemek”, musim hujan soalnya. Bagian depannya berupa teras yang cukup luas, beratap kayu, kayak yang ada di cafe-cafe kuno. Sementara di bagian kanan rumah, kalau gak salah seperti semacam garasi atau penghubung ke bagian ruang belakang.
Nah di bagian ruang belakang itu cukup unik kalau boleh aku bilang. Berlantai dua, dengan bagian atas nya itu bener-bener mirip kayak balkonnya paduan suara gereja. Anehnya, pola tangganya itu putus di tengah jalan, sehingga menyulitkanku buat naik ke atas. Selain itu ada 1 palang yang berada di antara ruang tengah(ruang keluarga) dan ruang belakang, yang membuatku harus merunduk saat melewatinya karena tingginya yang hampir menyamai tinggiku. Oh ya, ruang belakang itu boleh dibilang cukup luas, hanya saja aku gak tau kegunaannya apa.
Rumah ini dicat warna putih krem dengan dekorasi dan kamar-kamar yang ada itu sangat mirip dengan rumah nenekku waktu di Bareng Kulon. Di teras, teman-teman nenekku lagi makan sambil bicara satu sama lain, mungkin ada jamuan, aku gak tahu. Kakak sepupuku, yang memang tinggal dengan nenekku, sedang bersiap-siap pergi dengan baju warna putih dengan helm berwarna hitam di kepala, mungkin mau ke kampus. Sementara 2 kakak sepupuku lainnya membantu nenekku memasak di dapur.
Nenekku nampak sehat dan bahagia, samasekali gak nampak tanda-tanda bahwa beliau sedang sakit, meskipun ada 1 benjolan kecil di pipinya, seperti tahi lalat yang berwarna putih samar-samar. Masih tetap dengan sifatnya yang perfeksionis, lagi bicara dengan ibuku di ruang tengah. Aku gak tahu mereka bicara soal apa, mungkin tentang uang dan biaya hidup. Yang jelas pada akhirnya, aku ditawari makan oleh nenekku. Aku menolak karena ingin cepat pulang, tapi baik Ibuku, nenekku, dan semua yang ada di sekitarku, mendengar aku menjawab “Iya”.
Sampai saat itulah, aku sadar bahwa aku berada di tempat tidur.

—————————————————————————————————————————–

Kadang, mimpi itu ada karena ada tanda yang mau dia berikan pada kita. Apa itu, tidak ada seorang pun yang tahu. Yang penting, kalau memang benar semua mimpiku ini adalah bersoal tanda, maka yang aku harapkan adalah kesembuhan nenekku. Semoga. Amin πŸ™‚

R.M.T.B.D.J

Sumber: http://telling-secrets.blogspot.com/2012/01/dream-little-dream-with-me.html

21.12.12 Kiamat? Ciyuuss? Miapah?

Masih ingat hari-hari menjelang tanggal 21 kemarin guys? Kalau aku coba inget sendiri, pingin ngakak rasanya πŸ˜†

Gimana gak hayoo? Waktu itu mayoritas penduduk di berbagai negara pada pontang-panting, panik gak karuan gara-gara isu bahwa tanggal 21 Desember 2012 adalah hari KIAMAT! Nah, terinspirasikan dari film-film kiamat ala Hollywood kayak 2012 atau Armageddon, mereka mulai melakukan segala cara biar mereka bisa jadi “survivor” hari kiamat. Mulai dari mbangun kapal raksasa ala Nabi Nuh, bunker anti “Kiamat” (kayaknya terinspirasi dari Syahrini nih), terus juga nimbun bahan makanan dan air untuk cadangan makanan sewaktu dan sehabis kiamat, dan banyak hal-hal konyol lainnya dilakukan dengan 1 tujuan, selamat dari bencana-bencana kiamat itu ………

Nah, sekarang, setelah lewat tanggal 21, apa yang terjadi?

Matahari masih terbit dari Timur dan tenggelam ke Barat,

Bumi masih berputar secara teratur menghidupi makhluk yang tinggal di dalamnya,

Kumandang orang-orang beribadah masih bergema, apapun itu agamanya,

dan yang lebih penting lagi ………

Aku masih bisa menulis blog ini dalam kondisi sehat walafiat!! πŸ™‚

rebecca-black-mayan-apocalypse-memeSee? Gak ada apapun yang terjadi di tanggal 21. Yang ada cuma akhir dari penanggalan kalender suku Maya yang sudah lebih dari 5000 tahun berjalan. Selanjutnya, mereka akan kembali ke tanggal yang baru. Sama halnya kayak Tahun Baru gitu lah! Gak ada yang lebih dari itu dan samasekali tidak ada sangkut pautnya dengan pemberitaan kiamat yang beraneka macam itu. Alhasil? Antara tawa ejekan dan kebahagiaan bergabung, melanda seluruh dunia. Bahagia bahwa 1 dunia telah menjadi “survivor” kiamat, juga ejekan bagi mereka yang sudah mempersiapin “kiamat” dengan segala tetek bengeknya itu ……….

Bagaimana dengan aku sendiri?

Well, sikapku memang jauh lebih adem ayem, sama seperti warga Indonesia lainnya yang bersikap biasa-biasa saja, seolah tanggal 21 itu sama dengan hari yang lain. Kecuali sih, hari itu, hampir semua sekolah di Indonesia, termasuk sekolahku, menerimakan rapor kepada murid-muridnya. Bagi yang nilainya merah-merah cerah, yah alamat “kiamat” deh! “Kiamat” dimarahi orang tua, “kiamat” karena gak boleh hang-out sama temen-temen slama liburan, “kiamat” karena liburan disuru belajar biar bisa mendongkrak nilai Semester II, dan “kiamat-kiamat” lainnya ……….

Syukur pada Allah, nilai raporku bagus! πŸ˜€ Meskipun potensi untuk masuk paralel seperti kelas XI kemarin sudah nggak besar lagi, setidaknya aku optimis dengan nilai-nilaiku ini, aku bisa masuk universitas negeri favoritku, tentunya dengan semangat 17 Agustus buat nghadapi UN April nanti, soalnya nilai rapor dan UN bener-bener nentuin buat masuk SNMPTN 2013. Doakan yaa!! πŸ˜€

Oke, lanjut lagi ke masalah kiamat. Sebenernya di Kitab Suci sudah jelas. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan kiamat itu terjadi. Para penghuni surga pun gak tahu, malaikat pun juga, bahkan Yesus Kristus, Putra Bapa sendiri tidak tahu kapan kiamat itu terjadi. Semua hanya ada di tangan Allah Bapa. Aku juga yakin bahwa di agama lain, konsep tentang terjadinya kiamat juga sama. Tidak ada seorang pun, bahkan makhluk di alam semesta ini yang tahu kapan terjadinya kiamat, kecuali Tuhan sendiri. Tuhan hanya memberikan tanda-tanda terjadinya kiamat. Apa itu? Salah satunya bisa aku sebutin, yaitu munculnya Antikritus/Dajjal ke Dunia untuk memurtadkan seluruh isi muka Bumi ini. Nah, apakah si Antikris ini sudah muncul? BELUM!!! Jadi, buat apa mesti cemas, wong tanda-tandanya saja belum ada. Betul betul betul? πŸ˜†

Tapi kita pun perlu waspada dengan “kiamat kecil”. Apa maksudnya? “Kiamat kecil” adalah sinonim dari kematian.

Ya. Kematian merupakan “kiamat” yang akan dialami oleh semua makhluk hidup di dunia ini, tanpa kecuali, termasuk manusia sekalipun, dan, kamu tidak akan bisa sembunyi dari kematian. Mau sembunyi kayak apapun, mau sembunyi di bunker serapat apapun kek, atau di desa paling terpencil kek, cepat ataupun lambat, kematian akan datang menjemput kita semua. Seperti yang Yesus katakan, kematian itu datang seperti pencuri. Kita tidak tahu kapan dia akan datang, bukan? Mau besok, mau hari ini, mau 1 jam lagi, atau bahkan sehabis kamu membaca artikelku ini, gak akan ada yang tahu.Tapi kita bisa bersiap-siap untuk menghadapinya, misal rajin berdoa, rajin pergi ke tempat ibadah, rajin baca Kitab Suci, memperbanyak amal sama orang-orang yang membutuhkan, berbuat baik kepada sesama, dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan datangnya “kiamat kecil” ini.

Pada akhirnya, aku mau bilang, kenapa harus takut sama berita-berita soal Kiamat? Takutlah pada “kiamat kecil” yang akan kamu hadapi cepat atau lambat, yakni kematian. Takutlah, bahwa segala hal yang kamu lakukan di Dunia ini akan kamu pertanggungjawabkan di akhirat. Nah, kalau kamu melakukan banyak keburukan di dunia, masa gak malu waktu ditanyai Tuhan nanti? Emang kamu mau mempertanggungjawabkan kejelekan-kejelekanmu itu?

Maka selagi masih ada kesempatan, lakukanlah yang terbaik bagi sesama dan Tuhan, supaya kamu, kalian, dan kita, bisa siap menyambut hari akhir kehidupan kita masing-masing! πŸ˜€

R.M.T.B.D.J

—————————————————————————————————————————

Oh ya, temanku, seorang stand up comedian, juga membahas tentang hari kiamat. Sumpah, antara absurd & kocak, bener-bener mix abiss!! Lihat aja di blognya dengan meng-klik gambar monyet di bawah ini. Jangan lupa dilihat artikelnya yang lain yaa, dijamin juga bikin ngakak! *sebab, senyum itu sehat* πŸ™‚

533559_576863615664138_874659456_n

 

Happy 12.12.12!

Kali ke-dua, dan nampaknya yang terakhir dalam hidupku, setelah 5 tahun lalu.

Lima tahun lalu, tanggal 8 Agustus 2008, aku duduk di kelas 8A dengan nomor absen 8.

Hari ini, tanggal 12 Desember 2012, aku duduk di kelas XII-S1 dengan nomor absen 12.

How lucky I am! πŸ˜€ πŸ˜†

 

Nah gimana kabar teman-teman sendiri?

Hari ini bakal semarak dengan yang namanya hajatan mantenan, acara ultah, dan sebagainya. Yaah boleh-boleh saja sih pake tanggal cantik, tapi yang paling penting adalah praktiknya dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi pasangan-pasangan baru. Semoga Anda-Anda semua bisa menjadi keluarga yang bahagia dan penuh berkat, baik bagi satu sama lain, anak-anak, maupun orang di sekitar Anda.

Akhirnya, aku cuma bisa ucapin Happy 12.12.12!!

Selamat hari lahir, selamat hari ulang tahun, selamat hari jadian/putusan, dan selamat hari pernikahan/perceraian bagi yang melaksanakan dan merayakannya yah!
Semoga di hari yang indah ini dapat semakin membuat fisik & jiwa bersemangat menjalani hidup dalam terang kasih Tuhan. Amin =D

images

With L.O.V.E.

R.M.T.B.D.J

I’m a Simmer: Ceritaku dan The Sims

Pasti teman-teman sudah tahu game The Sims kan?

Yap! Game ini sangat populer loh, bahkan sudah menjaring sekitar 1 milyar pengguna sampai hari ini! Apalagi beberapa hari yang lalu, expansion pack dari Sims 3 yang terbaru, Sims 3 Seasons resmi dirilis di Amerika Serikat. Di sini, para gamers diajak untuk menikmati permainan dari orang-orangan/sim buatan mereka sendiri di tengah suasana 4 musim yang disediakan, seperti musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Banyak benda-benda dan furniture baru, event-event yang sayang untuk dilewatkan. Wow, baru aku lihat gameplay nya di Youtube aja sudah bikin ngiler cooy, apalagi kalau maen!! Sayangnya, komputerku tidak kompatibel dengan game ini. Pingin rasanya aku hancurin komputerku ini cuma dibuat alibi beli komputer baru, tapi terus kuurungkan niatku, daripada orangtuaku malah jual aku buat gantiin komputernya 😐 (ini gak ciyus loh)

Katy Perry dan karakter simnya dalam expansion pack The Sims 3 Showtime dan juga The Sims 3 Katy Perry’s Sweet Treats (ini special edition looh)
Sumber: http://beefjack.com/files/2012/01/the-sims-3-katy-perry-header.jpg

Nah, banyak teman-temanku tanya, darimana dan gimana asalnya kok aku bisa suka game ini? Kadang aku dianggap cupu sama mereka karena aku lebih senang sama game-game kayak ginian ketimbang game-game perang atau hantu-hantuan. Ya sebenernya sih gak 100% bener, karena aku juga pernah maen Age of Empire 1,2, dan 3, terus Left 4 Dead komplet juga, GTA, The Godfather, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan tembak-tembakan/bunuh-bunuhan. Tapi, kenapa aku lebih memilih The Sims sebagai game yang paling aku sukai, begini ceritanya ……..

Pertama aku mengenal game ini, kalau gak salah pas kelas 3 SD. Ini masih zamannya The Sims 1. Waktu itu aku masih belum punya komputer sendiri loh hehehe πŸ˜†

Aku mengenalnya saat kakak sepupuku memainkannya di komputernya. Nampaknya sulit ya, membangun sebuah rumah, terus nempatin benda-benda, bikin interaksi sama tetangga, bikin anak, banyak deh. Tapi kok keliatan asyik? Aku coba deh main pelan-pelan, dan WOW It’s AMAZING! Ternyata dengan maen The Sims, aku jadi mengasah otakku untuk berkreativitas membuat rumah dan berinteraksi dengan tetangga. Karena game ini menggunakan bahasa Inggris, gak jarang aku buka kamus dan kemudian cari sendiri kata-kata yang sulit. Alhasil, kemampuan berbahasa Inggrisku jadi lumayan mantap untuk anak seusiaku waktu itu.

Waktu berlanjut sampai The SimsΒ berkembang jadi The Sims 2 dan The Sims 3, lengkap dengan expansion packnya yang terbilang banyak itu. Tapi, peduli apa gua? Yang penting main, toh juga ada efek positifnya kan?

Nah, sayangnya bahwa kebinalanku buat maen The Sims tidak sinkron sama kemajuan teknologi keluargaku. Pas pertama kali keluargaku beli komputer, aku senang banget dan langsung aku isi dengan game-game The Sims. Alhasil, 2 kali aku berhasil menjebol komputerku. Hehehehe πŸ˜†

Sekarang, aku tidak punya kesempatan untuk maen game ini lagi. Kakak sepupuku sudah bosan dengan game ini sehingga dia sudah menutup rapat-rapat komputernya untuk game ini. Bahkan dia menolak tawaranku buat nginstall The Sims 3 di komputernya (Jelas lah! Itu kan komputernya orang, bukan komputerku!). Oke, bejo tidak berada di tanganku sekarang.

Tapi aku masih berharap suatu hari nanti orangtuaku, atau mungkin aku sendiri kalau sudah punya uang, bakal mengupgrade komputer kuno ini menjadi baru sehingga aku bisa maen The Sims lagi. Amiiiin!! πŸ˜€

 

Btw, kalau ada yang pingin tau sim/karakter buatanku, bisa dilihat di sini;

The Story of Legendary Family: Robinson (part I)

The Story of Legendary Family: Robinson (part II)

Sims 3 Colletion Gallery

 

R.M.T.B.D.J

Previous Older Entries